Saturday, March 3, 2018

Benteng Fort Rotterdam- Makasar Sulawesi Selatan


Wisata mistis bersejarah. Sebuah bangunan benteng jaman Kerajaan Gowa Tallo yang jika dilihat dari atas langit akan membuat bentuk bangunannya nampak bagai seekor penyu yang hendak menuju laut. Sesuai dengan harapan.


Baca juga: Misteri Simpang EmpatCelentang-Palembang, Sumatra Utara


Kerajaan Gowa Tallo yang ingin berjaya baik di darat ataupun lautan. Bangunan ini adalah Fort Rotterdam, benteng asli buatan rakyat Makassar yang berdiri di abad ke 15. Tepatnya dibangun pada tahun 1545 atas perintah Raja Gowa IX, manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna.


Bangunan yang memiliki nama asli Benteng Ujung Pandang ini akhirnya jatuh ke tangan Belanda melalui kepemimpinan Jenderal Cornelis Speelman.


Baca juga: Misteri dibalaik Jembatan Suramadu- Madura, jawa Timur


Sang Jenderal pun kemudian mengganti nama bangunan ini menjadi Fort Rotterdam dan mengalihkan fungsinya sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah hasil bumi dari Indonesia.


Menjadi saksi kejamnya jaman penjajahan, benteng angker di Makassar yang pernah menjadi penjara Pangeran Diponegoro saat ditangkap Belanda tahun 1834 ini konon sering berbagi kenangan dengan para pengunjung. Kenangan masa penjajahan itu dibagikan dalam bentuk fenomena mistis menakutkan yang dijamin membuat Anda merinding.


Baca juga: Misteri Dibalik Sendang Banyu Mas Yang Dikeramatkan


Konon di benteng yang memiliki sebutan Benteng Panyyua ini sering terdengar suara langkah kaki yang aneh saat tengah malam. Hal ini sering dialami langsung oleh  pegawai dari beberapa lembaga yang memanfaatkan sebagian bangunan benteng sebagai kantor.


Baca juga: Keangkeran Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur


ak hanya itu, beberapa pihak juga mengaku jika dari bagian luar benteng Fort Rotterdam pernah terlihat sesosok penampakan wanita bergaun putih sedang berdiri mematung di salah satu lorong bangunan benteng ini.


Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca :


Semut Chaerlie, Si Kecil Yang Sangat Beracun, Harus Selalu Waspada

Ampun deh! 4 kuliner sangat menjijikan sedunia ini konon sangat lezat

Menjijikan!6 kuliner ekstrime ini pasti akan membuatmu melonggo

inilah 6 kasus kematian akibat tertawa berlebihan

Mengherankan! tinggal di desa ini, kamu akan dibayar Rp 1 miliar

No comments:

Post a Comment