Friday, March 9, 2018

Pulau Hashima- Jepang


Hashima Island adalah sebuah pulau tak berpenghuni berbaring tamapk kuno berada di lepas pantai di Jepang, pulau Hashima pada berapa puluh tahun lalu.

Pulau Hashima sebenarnya menyimpan masa lalu yang cukup kelam, pulau yang diklaim mirip kapal perang ini pernah di huni puluhan riibu pria sebagai pekerja tambang batu bara. 

Baca juga: Misteri Jurug Cijalu- Subang, Jawa Barat

Gunkanjima atau pulau kapal perang adalah nama lain yang melekat pada pulau angker itu. Pernah dihuni selama hampir satu abad (1887-1974).

Pulau ini merupakan tempat pertambangan batu bara yang menampung ribuan pekerja sehingga menjadikan pulau ini sebagai pulau terpadat beberapa puluh tahun lalu dengan jumlah penduduk mencapai 5.259 mayoritas adalah kaum pria.

Baca juga: Misteri Bukit Siguntang-Palembang,Sumatra Selatan

Pulau seluas 6,3 hektar ini di beli perusahaan Mitsubishi pada tahun 1890 dan membangun gedung beton besar pertama setinggi 9 lantai. 

Ketika tambang beroperasi nyaris selama satu abad dan akhirnya ditutup pada tahun 1974, perlahan tapi pasti pulau Hashima jatuh bangkrut dan di tinggal seluruh penduduknya dan terlupakan.

Baca juga: Misteri Monumen Westerling-Makasar, Sulawesi Selatan

Pulau terkenal dengan penghasil batubara dari dasar laut ini perlahan tapi pasti, pasokan batubara mengalamii penipisan, tambang akhirnya ditutup selamanya dan ditinggal seluruh penghuninya, dan kini hanya tersisa rerentuhan bangunan akomodasi pekerja yang tampak memakau dan masih berdiri disini.

Pulau ini memang tampak eksentrik bagi wisatawan tapi bagi pekerja paksa asal Korea, mereka menyebut pulau ini sebagai pulau penjara atau pulau neraka.

Tempat  Horror Lainya:

Misteri Pemakaman Dusun Joho- Kedir. Jawa Timur
Misteri Sumber Ringin- Kediri, Jawa Timur

Goa Ndalem-Nganjuk, Jawa Timur

Gunung Bancak-Magetan, Jawa Timur

Jembatan Cirahong-Ciamis, Jawa Barat



No comments:

Post a Comment