Tuesday, March 6, 2018

Misteri Monumen Westerling-Makassar, Sulawesi Selatan


Di Makassar memiliki hubungan langsung dengan kisah perjuangan rakyat Makassar melawan penjajah di jaman dahulu, tidak terkecuali dengan Monumen Westerling.

Bangunan monumen yang terletak di Kelurahan La’latang, Kecamatan Tallo ini disebut juga dengan Monumen 40.000 Korban Jiwa. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan terdapat sekitar 40.000 jiwa rakyat Makassar korban kekejaman Kapten Westerling dikuburkan disini

Baca juga: Misteri Jurug Cijalu- Subang, Jawa Barat

Dengan alasan memberantas kaum ekstremis, perampok, penjahat dan pembunuh, Kaptern belanda Raymond paul Piere Westerling memerintahkan pasukannya untuk melakukan pembantaian massal di tahun 1947 guna menyingkirkan pihak-pihak yang dianggap membahayakan kepemimpinan Belanda di Makassar.

Baca juga: Misteri Bukit Siguntang-Palembang,Sumatra Selatan

Sementara korban tak berdosa lainnya terlebih dahulu dijemur sebelum akhirnya dieksekusi. Sebagian besar mayat mereka kemudian diseret dan dilempar kedalam lubang maut raksasa berukuran 6×2 meter sementara sisanya dikuburkan tepat dimana mereka dibantai.

Baca juga: Makam Nyi Ratna Herang- Kuningan, Jawa Barat

Penggalan kepala yang ada dibungkus dalam karung, kemudian dilarung ke laut untuk menghilangkan identitas, monumen angker di Makassar itu pun ditutup total pada 1970. 

Kemudian pada 1994 didirikanlah Monumen Westerling diatasnya atas prakarsa Walikota Makassar, HM Endong Patompo

Untuk memperingati perjuangan rakyat Makassar, Monumen Westerling ini pun dikenal sebagai tempat angker dengan cerita mistis yang kental akan derita korban jaman penjajahan.

Baca juga: Katakombe- Paris, Perancis

Ikon patung tembaga raksasa setinggi 4 meter yang menggambarkan korban selamat penjajahan namun memiliki sebuah tangan dan kaki terpenggal sembari memegang tongkat penyangga ini kabarnya kerap terlihat penampakan menyeramkan.

Warga sekitar pun mengatakan bahwa tempat paling seram dari tempat angker ini adalah jalan menuju patung ikonik tersebut.

Artikel Terkait:

Misteri Otemachi-Tokyo, Jepang

Misteri Candi Dadi- Tulunggagung, Jawa Timur

Misteri Rumah Kentang- Jakarta Selatan

Benteng Fort Rotterdam- Makasar, Sulawesi Selatan

Meseum Lubang Buaya- Cipayung, Jakarta Timur

Artikel Menarik Lainya:

ini dia! kostume unik petugas pengangkut peti jenazah, buat kamu heran

37 thaun tidak mandi, pria ini mendapat julukan" manusia terjorok di dunia"

Mengherankan! tinggal di desa ini, kamu akan dibayar Rp 1 miliar

pengemis jaman now, sekarang tidak terima uang tunai, ada ada aja ya!

Kuliner ekstrime! 3 makanan menjijikan ini konon memiliki sangat lezat

No comments:

Post a Comment